Langsung ke konten utama

Rekomendasi Pemotretan Minim Cahaya di Malam Hari

Judulnya ribet amat yah, sebenernya ini Cuma curhatan ane aje hehehehe, habis pemotretan malam kemarin. Bukannya ane ngeluh atau menggerutu, ane curhat supaya dari kasus ane dapat diambil hikmahnya buat kehidupan orang banyak. “Wanjir sok religius banget sih loh, Wkwkwkwkwkw”. Dapat client dari siswa SMAN 1 Kertosono. Mbok kelas X aja udah mau udah bikinalbum kenangan?, Bukan – bukan !!!!, ini keperluan buat HUT SMAN 1 Kertosono yang ke 54 besok. Keinget ane dulu pas SMA jadi anggota OSIS gak ribet – ribet amat heuh..

Ini kemarin agak menarik, karena take and shootnya di malam hari. Yang lumayan nguras pikiranlah intinya karena tempatnya di lapangan kepuh, pencahayaannya gak merata banget dah pokoknya, gua sendiri sampe bawa dua lampu flash mini buat misahin objek utama dengan background biar gak flat karena minimnya cahaya. Selain itu sumber cahaya yang gak merata, sekali ada sumber cahaya, cahaya yang dihasilkan terlalu besar. Maklum aja lampu lapangan gak bisa diatur kayak lampu studio. Tapi lumayan lah dapet ane akalin buat nyari hasil semaksilam mungkin. Pemotretanya ane hadepenin lampu biar gak backlight. Cuma sayang buat nyari toned sangat tergantung sama warna sumber cahaya yang paling dominan, alhasil foto tanpa editannya dapat toned hangat kuning. Gua coba paksain aduh hasilnya ngedeep banget, hehehehe udah pokonya kagak gua saranin maksa ngalahin toned alami cahaya yang ada dah.

Nah ini hasil kemaren pemotretan siswa kelas X SMAN 1 Kertosono di Lap. Kepuh, editingnya pakai Adobe lightroom.




Oke gua rinci dah, yang harus loe lakuin buat melakukan pemotretan malam.

  • Bawa lampu eksternal, terserah mau pakai jenis apa aja
  • Bawa Tripod
  • Usahakan pakai ketajaman semaksimal mungkin (F semesar mungkin yang dapat menjangkau cahaya)
  • Usahakan ISO sekecil mungkin untu mencegah noise (ngeblur2).
  • Usahakan pakai Shuter speed scepat mugkin dengan menyesuaikan cahaya yang masuk.



Usahakan punya kesabaran lebih karena photo malam hari susah banget nyari cahaya wkwkwkwkw, enakkan photo siang hari karena cahaya yang tersedia sangat melimpah. sekian curhatan ane semoga bisa diambil pelajaran dari kasus Pemotretan Minim Cahaya di Malam Hari

Buat kepoin lebih banyak photo bisa di check di instagram.com/Jokamz.Photowork

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fenomena Wisata Kelamin di Songgoriti Batu

Curhat, Prosedur Pendakian Gunung Raung Terbaru

Rekomendasi Membuat YearBook (Photo Album Kenangan Sekolah) di Nganjuk dan Jombang.