Langsung ke konten utama

Curhat, Prosedur Pendakian Gunung Raung Terbaru

Sebelumnya ane turut berduka cita atas apa yang telah terjadi kemarin digunung raung kemarin,  Zaki mahasiswa asal Lamongan yang meninggal.

Terlepas dari cerita yang banyak beredar karena tak memenuhi standart pendakian digunung Raung. Emang gunung Raung ini memiliki keistimewaan dimana puncak gunung ini sangat sulit dilalui tanpa bantuan tali webbing.  Pengalaman dari teman saya yang barusan turun dari gunung ini,  trek paling sulit ketika harus menuju puncak sejati karena jalannya yang vertikal. Tenang saja walaupun gak pernah panjat tebing bisa menggunakan webbing untuk memanjat sebagai alat bantu.  Maka dari itu diperlukan perlengkapan.

Puncak tusuk gigi gunung Raung Jawa Timur.


Perlu di ingat jasad Zaki ditemukan dibawah puncak tusuk gigi, perlu beberapa hari untuk melakukan evakusi, karena memang tempat jatuhnya jasad Zaki berada di trek yang sangat sulit, selain itu harus menunggu badai reda, karena terjadi di musim hujan.

Bercermin dari kejadian meninggalnya Zaki,  gue mulai tertantang buat ndaki ke Gunung Raung hehehehe,  maklum ane penasaran bagaimana extreamnya puncak gunung Raung.  Ane dapat kabar dari beberapa Social media, pendakian gunung Raung harus melakukan prosedur yang baru dimana ini untuk meminamalisir kejadian yang tidak diinginkan ketika pendakian.

Oke ane udah dapet beberapa temen, ada ceweknya rencana mau ikut, lumayan kalau ada ceweknya bisa meredam fisik kelompok karena anggota lainnya harus menyesuaikan kondisi fisik cewek. Tapi yah gitu harus siap waktu lebih karena akan memakan waktu yang banyak.

Nah setelah dapat informasi resmi dari bascamp Kalibiru ternyata ane dapat rangkum sebagai berikut ini prosedur baru pendakian Gunung Raung terbaru :

Prosedur Pendakian Gunung Raung Terbaru
1.  Setiap pendaki Wajib menggunakan jasa tour guide yang profesional baik pendaki awal ataupun pendaki lama gunung Raung.

2. Setiap pendaki wajib melakukan registrasi dan lapor diri di sekertariatan pendakian gunung Raung

3. Setiap pendaki wajib menyerahkan fotocopy KTP/Passport/Kartu identitas yang berlaku beserta menunjukkan kartu identitas aslinya.

4. Setiap pendakian wajib melampirkan surat sehat, diutamakan dari puskesmas kalibiru (Berlaku untuk peserta dan tourguide)

5.Usia pendakian minimal 10 tahun, pendaki yang berusia 10 samapi 15 tahun wajib menyertakan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh orang tua.

6.Guide dan basecamp sebagai filter pertama yang bertanggung jawab atas kelengkapan pendakian . adapun standart peralatan yang harus dibawa anatar lain.
A. Karmantel
B. Carbiner Anchor
C. Carbiner
D. Helm
E. Tali Prusik
F. Figure 8
G. Webbing dan Tali body

7. Setiap pendaki akan di brieffing tambahan di sekertariatann oleh petugas.

Sumber 1 : Pengumuman No. 03/B/Pan-Pel/Mt.Raung/II/2018
Sumber 2 : Instagram/ayo_meraung
Sumber 3 : Surat Edaran Basecamp Raung

Semoga Postingan ane bisa jadi bahan pertimbangan untuk teman yang mau mendaki ke gunung raung, untuk masalah tourguide pendakian gunung raung harganya 650/kelompok apabila kelompok lebih dari tiga orang harga bisa di negosiasikan.

Berikut ini no. Tourguide yang tersedia di gunung Raung 083-847-462-112 a.n Mas Eko

Credit : http://www.ilhamabi.com/2018/02/Prosedur-pendakian-gunung-raung-terbaru.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fenomena Wisata Kelamin di Songgoriti Batu

Rekomendasi Membuat YearBook (Photo Album Kenangan Sekolah) di Nganjuk dan Jombang.