Langsung ke konten utama

Pengen Masuk Unesa Jalur SBMPTN?, Ini Curhatan Saya.

Yah udah tahun ajaran baru di tahun 2018, habis ini akan banyak sekali calon mahasiswa. Keinget ane sama temen - temen ane yang gak bisa masuk ke lerguruan tinggi negeri padahal mereka dulu lebih pandai ketimbang ane, sedih banget rasanya.

Ouh ia ane sendiri udah masuk SNMPTN tahun 2013, Alhamdulillah.
Ane ceritain dah, supaya bisa diambil hikmah dari cerita mereka. Mereka bukan gak masuk karena otaknya pas - pasan, kalau di pikir - pikir mereka jauh banget sama ane, mereka pas SMA selalu jadi juara kelas hehehe. Ane ma cuma ngekor aja.  Mereka lebih banyak tidak terlalu mempersiapkan aja sih.  Kemarin dicurhati sehabis tes SBMPTN mereka gak konsentrasi dalam menyelesaikan tugas karena kelelahan, maklum aja temen ane H-beberapa jam baru berangkat dari Kertosono ke Surabaya.

Ouh ia karena ane sendiri masuk di Unesa, ane kasih tips nih buat kalian yang pengen masuk ke Unesa jalur SBMPTN. Emang sih persiapan materi untuk tes itu penting banget,  tapi bakalan percuma persiapan materi tes kalau gak di dukung persiapan pendukung.  Berikut ini tips buat kalian yang mau ikut SBMPTN di Unesa.

1. Persiapan Jadwal.

Riskan banget kalau kalian langsung "sak det sak nyet", (tiba tiba datang) ketempat tes, apalagi kalian jauh dari rumah, pengalaman dari teman sekelas pas kuliah walaupun rumahnya di Sidoarjo mereka rela menumpang di kost kakak kelasnya h-2 sebelum tes untuk mempersiapkan tes. Karena memeang masalah kenyamanan dan ketenangan sebelum tes sangat mempengaruhi cara berfikir manusia ketika mengerjakan soal - soal tes SBMPTN.

2. Persiapkan Keuangan.

Ouh karena disana kalian menetap selama beberapa hari, kalian harus mempersiapkan keuangan, untuk anak yang baru lulusan mungkin uang 45 ribu udah banyak banget,  gua saranin nih bener - bener,disana kalau mau makan perporsi sekitar 10-15 ribu. Jadi mau berapa kali kalian makan bisa di kalikan aja.

3. Tanggulangi Waktu di Kota.

Kalau kalian dari desa mungkin jarang nemuin macet, kalau di kota biasain budal sejam sebelum jadwal kalian untuk menanggulangi macet, kalian bisa aja berjalan 500 meter di tempuh dalam sejam,  kalau gaj di kota kalian gak akan nemuin.  Kadang aja ane dari Sruni Sidoarjo mau Kuliah bisa sampe 2,5 jam gara - gara macet.


Semoga tulisan ane bisa jadi rekomendasi buat kalian yang akan masuk SBMPTN di Unesa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Membuat YearBook (Photo Album Kenangan Sekolah) di Nganjuk dan Jombang.

Curhat, Prosedur Pendakian Gunung Raung Terbaru

Tempat Ngopi Spesial di Kertosono