Jumat, 23 Oktober 2020

Caffe d'Bagong Sumbawa
 Alhamdulillah hari ini masih bisa berbagi tentang hobby sekaligus pekerjaan yang kini jadi sumber penghasilan yang otomatis. Mulau dari Devotelabels.com (usaha dalam pembuatan Label Baju dan Pakaian). Globaleksplorasi.com (jasa pemetaan Geologi) dan Gallerysiswa.com (jasa pembuatan buku album kenangan sekolah) untuk gallery siswa ini sendiri Off tahun semenjak 2019 karena sudah ditinggalkan oleh team yang telah dibangun. 


Walaupun semenjak tahun 2014 sampai tahun 2017 aku meninggalkan dunia Digital marketing dan lebih fokus ke membangun bisnis offline, tahun 2018 aku memutuskan kembali comeback karena tahun 2018 sudah lulus kuliah. Kenapa 2014 memutuskan tidak keluar dari dunia digital marketing?, ia karena di tahun - tahun itulah dulu gonjang ganjing banyaknya perubahan Algoritma Google, mulai dari Google Panda, Google Humingbird dan saya lupa, bisalah di searching di internet. Zaman itupula kenapa google sering sekali merubah pola pencarian karena menyesuaiakn perpindahan adanya smartphone kala. itu yang menjadikan saya agak males sih bangun website ataupun blog.


Seriring berjalannya waktu tahun 2018 aku putuskan kembali karena memang ada proses bisnis yang mengharuskan melalui pemasaran online, karena awalnya itu owner saya sendiri, marketinya saya sendiri, dan semua saya sendiri, maklum baru merintis kala itu. Akhirnya ketemu juga polanya, Lumayan dari situ jadi pasif Income yang lumayan menurut saya pribadi.


Awalnya sih instgram karena memang di instgram kala itu menjadi trend, di mesin pencari milik instgram sendiri denga tanda khusus (Hastag), Instagram sendiri memiliki tingkat kesulitan sendiri karena kala itu masih belum banyak fitur saring seperti saat ini, makanya pas banyak konten spam dan repost banyak yang munjadi populer bahkan sumber aslinya sendiri malah tenggelam.


Tahun 2019 Mulai saya bekerja di sebuah lembaga pendidikan di dekat rumahlah, karena memang mau fokus membangun jaringan bisnis Online dan Offline, di tahun ini fokus bangun beberapa website dengan partner. Membeli artikel original, membangun baklink manual yang relevan dan terus belajar tentang algoritma Google, alhadulillah banyak leads yang mulai masuk dari sini. Disini saya mengkombinasikan antara Digital marketing dan Bisnis Proses, tidak seperti tahun 2010 sampai 2013 dimana saya seakan akan menghamba pada iklan dan kunjungan. 


Nah dari situlah baru tahu bahwa kemampuan digital marketing atau ngeblog saya mulai berharga mahal 😁. Tahun 2020 mulai memutuskan keluar dari tempat saya bekerja sekaligus melanjutkan study dan mengembangkan bisnis proses dalam dunia digital marketing. Client sih gak banyak cuma 5 atau 6 client tapi mereka selalu mengajak saya masuk teamnya karena memang proses bisnis syirkah, selain itu saya punya beberapa bisnis pribadi juga yang mulai tersistem.


Nah sedikit cerita  "Berburu Algoritma Google di Halaman Pertama"

Penulis : ilham Abi Manyu

ilham abi manyu. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ilhamabi.com -